Minggu, 08 September 2013

BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP / SMA ......................................

PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR


Langkah-Langkah Pembentukan Kelompok.


  1. Fasilitator menyiapkan alat tulis / spidol, papan tulis serta ruangan yang agak luas.
  2. Seluruh siswa diminta untuk maju ke depan dengan membentuk sebuah lingkaran.
  3. fasilitator memerintahkan agar setiap siswa membentuk / memilih kelompok        8-10 orang ( sama besar ) dalam waktu 15 detik.
  4. Apabila kelompok sudah terbentuk , maka kelompok yang jumlahnya lebih banyak agar mengurangi anggotanya untuk bergabung dengan kelompok lain yang jumlahnya paling sedikit dengan tanpa paksaan sehingga jumlahnya sama besar.
  5. Langkah selanjutnya, fasilitator memerintahkan kelompok yang sudah terbentuk untuk memilih ketua kelompok atas kesepakatan anggota kelompoknya dan memberi nama kelompok ( misal : Genius, Creative, Excellence, dll. )
  6. Selanjutnya , fasilitator memerintahkan agar masing-masing kelompok untuk berkumpul / bergerobol secara terpisah diantara kelompok lainnya.
  7. Fasilitator mempersiapkan pertanyaan antara 5 – 10 pertanyaan dengan waktu masing-masing 25 detik, sebagai bahan game yang akan dilakukan oleh masing-masing kelompok.( misal : urutan jumlah saudara kandung dari yang terbanyak sampai yang tersedikit, urutan tinggi badan dari yang terendah sampai yang tertinggi, dll.). Apabila dari perintah tersebut dirasa sudah pas maka kelompok beserta anggotanya cepat berjongkok dengan cara berjajar memanjang ke belakang.
  8. Langkah selanjutnya, fasilitator mengecek kebenaran sesuai dengan urutan perintah dimulai dari kelompok pertama sampai kelompok terakhir dengan cara mencatat di papan tulis. Apabila kelompok itu benar sesuai dengan perintah maka mendapat nilai 100 sedangkan kelompok yang salah mendapat nilai 0.
  9. Pada akhir sesion fasilitator menjumlah untuk menentukan pemenang pertama, apabila masih ada waktu kelompok yang jumlah nilainya sama besar maka diadakan pertanyaan satu kali lagi.
  10. Terakhir, fasilitator menanyakan kepada seluruh anggota kelompok tentang makna dari permainan ini ( misal: setiap kelompok akan menjawab; adanya keakraban, saling komunikasi, kerjasama, dll).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More