Senin, 09 September 2013

Hati Ini Masih Bimbang


Publikasi: 10/09/2013 10:35 WIB

Assalamualaikum wr. wb.

     Saya merasa bahwa anda masih penuh dengan kebimbangan padahal rencana pernikahan sudah ditentukan. Sebaiknya anda segeralah memantapkan hati anda untuk memutuskannya. Namun saya dapat mengerti kegelisahan anda karena ternyata calon pasangan ini masih belum benar agamanya. Jujur saja hal ini memang berat karena Jika kita mau mengikuti apa yang digariskan dalam islam maka islam sangat mementingkan masalah agama dan akhlaq dalam menentukan pasangan hidup.

      Seorang yang baik agamanya dalam islam bukanlah seorang yang hanya punya keluasan ilmu agamanya namun orang yang baik agamanya adalah yang benar aqidahnya dan dipraktekkannya dalam kehidupan kesehariannya sebagai perwujudan dari keyakinan dan keluasan ilmunya. Dan kriteria ini sebenarnya amat penting bagi seorang wanita karena dia akan menyerahkan kepemimpinan dalam rumah tangganya kepada suami yang seharusnya membawa pada keselamatan dunia akherat.Mungkinkah ini dilakukan oleh suami yang hubungannya saja dengan Allah buruk ?
     Jika kita mengharapkan ketentraman dalam rumah tangga sebaiknya pilihlah orang yang sekiranya baik agama dan akhlaqnya sejak awal dan bukan berharap bahwa suatu saat dia akan berubah. Pernikahan tidak menjamin seseorang akan berubah, ketika kita sudah memutuskan untuk menikahi seseorang maka kitapun siap menerimanya secara utuh dengan kelemahan dan kelebihannya. Jika kita merasa belum siap menerima dirinya dengan kelemahan yang terdapat padanya saat ini, maka sebaiknya kita pertimbangkan lagi masak-masak keputusan kita.
     Jika anda memang berkeras untuk menikah dengannya sebenarnya ini sangatlah baik karena akan mengakhiri fitnah akibat terlalu lama berpacaran . Namun sebaiknya usahakan Calon anda ini diperbaiki dulu aqidahnya sehingga benar pula dalam praktek agamanya. Sholat adalah hal yang paling esensial dalam islam yang merupakan wujud keimanan dan keyakinan kepada Allah. Dan jika ternyata anda sudah menetapkan pilihan maka jaga hati anda dari kecenderungan pada laki-laki lain, jika belum bisa maka artinya hati anda masih belum yakin terhadap calon ini.
     Saudari yang Sholehah dalam islam sebenarnya tidak dikenal istilah pacaran sebagaimana yang dipahami banyak orang saat ini. Pacaran cenderung membuat kita memutuskan pilihan akan calon pasangan berdasarkan hawa nafsu. Dan inilah yang sering menjadi masalah setelah pernikahan, karena memandang calonnya baik saja dalam kacamatanya ketika pacaran, saat menikah baru kelihatan lebih jernih akan belang-belangnya. Bersihkan dulu hati anda dan lakukanlah sholat isthikaroh dengan benar, sehingga diharapkan Allah akan menuntun anda dalam memutuskan keputusan penting ini tanpa diikuti oleh hawa nafsu. Demikian saran dari saya semoga bermanfaat. Wallahua'lam bishawab.


Wassalammua'laikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More